Sabtu, 16 April 2011

CARA SINGKAT BUDI DAYA JAMBU AIR ( Eugenia aquea burm )

CARA SINGKAT BUDI DAYA JAMBU AIR
( Eugenia aquea burm )


1.Sejarah singkat

Jambu air berasal dari daerah Indo cina Indonesia kemudian menyebar ke Malaisia dan kepulauan Pasifik. Jambu air sebenarnya sangat potensial di kembangkan secara masal karena masih belum banyak tersentuh oleh para pengusaha buah ataupun secara pribadi. Jambu air merupakan buah yang tidak berkulit sehingga buah sangat mudah rusak atau busuk, inilah tantangan bagi kita untuk pengembangan jambu air yang bisa di terima oleh pasar, baik pasar local ataupun pasar export.

2.Jenis jambu air

Pada dasarnya jenis jambu air sangat banyak tetapi yang banyak di kembangkan masyarakat ada 2 varietas yaitu jambu air besar dan jambu air kecil, contoh jambu air besar yaitu yang biasanya buahnya di beli oleh orang kalangan menengah ke atas karena harga buahnya di mall mencapai rp. 40.000/ kg ( king rose, semarang, cincalo , jambu lonceng dll ). Jambu air kecil yaitu yang biasanya di kosumsi untuk campuran rujak buah, ( jambu lilin, mawar, baron, kaget dll ) dan sekarang yang di kembangkan di BPPM ada 5 varietas jambu air besar yaitu : Jambu citra, king ruse, semarang , cincalo merah dan cincalo hijau.

3.Manfaat jambu air

Di samping sebagai buah segar dan buah meja jambu air biasanya biasa juga di buat puree , sirup, jeli dll dan yang paling penting buah jambu air sangat banyak mengandung gula dan vitamin c kadang kadang kulit batangnya bisa dapat di gunakan sebagai obat

4.Syarat tumbuh jambu air

Jambu air tumbuh bagus dengan curah hujannya rendah/kering sekitar 500- 3000 mm/tahun dan dapat musim kemarau lebih dari 4 bulan , intensitas cahayu yang bagus untuk pertumbuhan jambu air yaitu 40- 80 %, suhu yang cocok yaitu antara 18-28 derajat, kelembaban udara antara 50 -80 derajat ph tanah antara 5.5- 7.5 .dengan drainase yang cukup bagus , tanah yang cocok untuk jambu air adalah tanah subur gembur banyak mengandung organic, kedalaman yang cocok untuk kandungan air yaitu antara 50-150 cm, 150-200 cm., iklim tropis dataran rendah sampai tinggi 1000 m dpl.

5. Cara penanaman jambu air.

a.Penyiapan lahan
b.Penganjiran jarak tanam 5x5 m s/d 7x7 m
c.Gali lubang tanam 40x40 cm s/d 80x80 cm
d.Pemberian pupuk dasar dolomite 1kg, rp.1kg, pukan 3 kg, npk 100 gram
e.Penanaman
f.Pemupukan organic dan an organic
g.Pemberantasan hama penyakit
h.Pemangkasan bentuk, produksi dan wiwil
i.Pembungkusan buah
j.Panen / sortasi buah
k.Packing buah / pemasaran

1 komentar: